penilaian kurikulum 13
V. Penilaian Hasil Belajar
1. PHB 1 :
Assesment Sikap
Rubrik assesmen
untuk sikap kooperatif
Nama :
Tugas Ke : -
No.
|
Keterampilan Kooperatif
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
Menghargai pendapat orang lain
Mengambil giliran dan berbagai tugas
Mendorong perwakilan kelompok untuk
berbicara kepada kelompok lain (Partisipatif)
Mendengarkan secara aktif
Bertanya
Berada dalam tugas
Memeriksa ketepatan
Memberi respon
|
15
15
15
5
15
15
5
15
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
|
Petunjuk :
Skor : 0,1,2,3,4,5
Nilai akhir : (Bobot x Skor ) : 5
2. PHB 2 : Assesment Pengetahuan
1.
Rubrik
assesmen untuk tugas siswa
Sifat
tugas : Individual / Kelompok
Nama :
Tugas
Ke : -
No.
|
Aspek Penilaian
|
Indikator
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|
1.
|
Pemahaman
|
Tingkat pemahaman siswa terhadap tugas
yanag dikerjakan
|
15
|
|
|
|
2.
|
Argumentasi
|
Alasan yang diberikan siswa dalam
menjelaskan persoalan dalam tugas yang
dikerjakan
|
25
|
|
|
|
3.
|
Kejelasan
|
a.
Tersususn dengan baik
b.
Tertulis dengan baik
c.
Mudah dipahami
|
5
5
5
|
|
|
|
4.
|
Informasi
|
a.
Akurat
b.
Memadai
c.
Penting
|
15
15
15
|
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
|
|||
Petunjuk :
Skor : 0,1,2,3,4,5
Nilai akhir : (Bobot x Skor ) : 5
2.
Rubrik
assesmen untuk kuis
Assesmen
untuk kuis disesuaikan dengan materi, dan model kuis yang diberikan guru. Baik
itu model pilihan ganda maupun essay. Pemberian bobot penilaian juga
disesuaikan dengan banyaknya soal dari kuis tersebut.
3.
PHB 3 : Assesment Keterampilan
1. Rubrik
asesesmen untuk presentasi
Sifat
tugas : Individu / Kelompok
Nama :
Tugas
Ke : -
No.
|
Komponen
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
Penguasaan
Materi
·
Kemampuan konseptualisasi
·
Kemampuan menjelaska
·
Kemampuan Berargumentasi
|
15
15
20
|
|
|
2.
|
Penyajian
a.
Sistematika Penyajian
b.
Visualisasi
|
15
15
|
|
|
3.
|
Komunikasi
Verbal
a.
Penggunaan bahasa
b.
Intonasi dan tempo
|
10
10
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
|
Comments
Post a Comment