pengertian seni rupa murni dan terapan




Pengertian Seni Rupa
Secara sederhana, seni rupa adalah ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dari pembuatnya yang diwujudkan melalui media rupa yang bisa ditangka dan dirasakan dengan rabaan. Perwujuda ini merupakan hasil pengolahan konsep titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu.

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dibagi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai dua ukuran dan karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai tiga ukuran atau memiliki ruang.


Contoh karya seni rupa dua dimensi: lukisan

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis atau terapan (applied art), dan ada juga yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Karya seni rupa dengan kategori ini disebut karya seni rupa murni.


1. Pengertian Seni Rupa Murni
Seni rupa murni adalah seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsinya tetapi untuk dinikmati keindahannya. Seni rupa murni lebih bebas dan biasanya memiliki nilai estetika yang tinggi. Fungsinya hanya sebagai pajangan dan tidak dapat digunakan untuk mempermudah hidup kita. Contoh seni rupa murni adalah lukisan, kaligrafi, dan patung. Karya seni rupa murni sering ditemukan di museum seni atau di dalam bangunan sebagai pajangan atau penghias ruangan.



Seni rupa terapan adalah seni yang diciptakan untuk digunakan sehari-hari namun tetap memiliki nilai estetika. Nilai estetika tidak terlalu diperhatikan karena seniman lebih mementingkan nilai guna sehingga seniman tersebut tidak bisa bebas mengekspresikan dirinya dalam seni rupa terapan. Seni rupa ini terdapat hampir di semua benda yang kita gunakan sehari-hari seperti arsitektur, pakaian, peralatan dapur, peralatan keagamaan, dll. Saat membuat sebuah karya seni rupa terapan, seniman harus memperhatikan beberapa faktor diantaranya estetika, keamanan, kenyamanan, dan nilai guna.


Seni rupa murni
1.    Lukisan
Lukisan adalah karya seni yang dibuat dengan mengoleskan cat dengan kuas, pisau palet, atau peralatan lain, pada sebuah kanvas sebagai media
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9-ezOuUvX10zTHYZ0QZKD07iLsfP7dFLcMuJM690Qp3yoAgCCsSShdw1R-cp9QNSnnsYSOsY-50VLrVlFUaEyx5NFbzFB25TR8Twdx2mHYtMKZxf9NnW2j8dfdXX3lk2ZlUmX9w8XToM/s1600/Abstract+Paintings+Wallpapers+01.jpg
Image result for contoh seni rupa murni dan terapan
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRWixKfTrmMQ75XaogMMqwqOxAGnF48FlRzwNkn35xXXrDG__l-

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiIyv28swmFs0JA5eMHB_h_SoB0pa3NbCJfJbKllhXP5F57yI2ODmhyphenhyphen6eWDU4Fvx_cXv7t3VdeNU1eopGucVGFwVs-P5HMVuFO6iz1JDcIHlZDiVUicY5Zmh0JPj69HxuJ1C_A7qNUDVCDL/s1600/lukisan.jpg
Seni rupa Murni
2.       Kaligrafi
Seni kaligrafi adalah salah satu jenis karya seni rupa yang menekankan keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika. Berbagai aksara dan huruf dapat dijadikan kaligrafi seperti huruf Arab, aksara Jawa, aksara Jepang, dll.
seni rupa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbT1sxsv-eBMF2xZvZ6sPMrahrWYpZ53VIyOeVDaPMmtX1frWsYwLYjZu2MwUKw8B9-qUr6H4XCZrT5PrWjERZK8jM651l4xd3ZErd3fykMtZCejOmSnuRcGH_BuOorPIDlzsaEOR4cWIJ/s1600/kaligrafi.jpg

Image result for kaligrafi

Image result for kaligrafi

3.patung
Patung adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan membuat bentuk visual melalui media tiga dimensi untuk tujuan estetika. Patung biasa ditemukan di atas meja, lobi gedung, persimpangan jalan, taman, dll. Pada umumnya patung berwujud manusia, hewan, atau makhluk mitologi.

Contoh Seni Rupa Murni patung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjNZ524jzhRVECtAlz63HODC5z8bG2_Y_i2KPmpaBt6FbbZjIzq9I0G-3Ss_rlOlIdVTb825n9R3UXyaTLdfsf8La6_gYJJhB2ki2Nt102qbLhGafEPnHxXK6Hg9LbPpCR-Cc4OzSsxQjjt/s1600/patung.jpg

Image result for patung seni rupa

Image result for patung seni rupa

3.       Relief
Relief dalam arti seni adalah gambar atau lukisan yang ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi (tri marta) di atas bidang dua dimensi (dwi marta). Relief biasa terdapat di tugu peringatan dan candi. Relief pada umumnya berisi diorama dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Seni rupa

Image result for seni rupa relief

Image result for seni rupa relief

4.       Mozzaik
Mosaik adalah seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik, atau kaca. Seni mosaik biasa ditemukan di gereja atau arsitektur romawi.
Seni rupa

Contoh Seni Rupa Murni mosaik

Image result for seni rupa mozaik

Image result for seni rupa mozaik


Seni rupa terapan

1. Contoh Karya Seni Rupa Terapan

Anyaman

indagkop.kaltimprov.go.id
indagkop.kaltimprov.go.id
Anyaman merupakan rangkaian serat yang membentuk benda. Bahan anyaman biasanya berasal dari serat tumbuhan. Namun untuk saat ini sudah banyak anyaman yang berbahan serat plastik. Contoh anyaman yang termasuk karya seni rupa terapan yaitu keranjang, keset, kursi dan lain sebagaimana.

Batik

anakpintar.co
anakpintar.co
Batik yaitu kain yang digambar secara khusus dengan cara menerakan malam atau menuliskannya ke kain tersebut. Batik Indonesia sudah diakui dan ditetapkan sebagai Masterpieces of the Oral and Intaghible Heritage of Humanity oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009. Pengrajin batik di Indonesia tersebar di beberapa daerah dengan corak khas yang berbeda. Namun yang paling populer yaitu batik solo.

Keramik

suksesbisnisusaha.com
suksesbisnisusaha.com
Keramik yaitu suatu barang karya seni rupa terapan hasil pembakaran tanah liat yang telah dibentuk secara manual ataupun dengan memanfaatkan teknologi. Contoh dari keramik yaitu gerabah, porselin, genteng, guci dan lainnya.

Kerajinan Kulit

tokopedia.net
tokopedia.net
Karya seni rupa terapan dari kerajinan kulit sangat melimpah. Banyak sekali produk yang berbahan kulit. Mulai dari jaket, sabuk, sepatu dan lainnya. Pengrajin kulit tersebar di beberapa kota terutama di Jawa Barat dan Yogyakarta.

Logam

pusatkerajinantembagakuningan.wordpress.com
pusatkerajinantembagakuningan.wordpress.com
ning.com
ning.com
Karya seni rupa terapan dari logam cukup populer di Indonesia sejak zaman dulu. Terlihat dari banyaknya peninggalan sejarah berupa benda yang terbuat dari logam. Saat ini banyak sekali pengrajin logam. Misal di Yogyakarta, tepatnya di Kotagede terdapat banyak sekali pengrajin perak. Bermacam-macam benda terbuat dari perak, mulai dari perhiasan untuk dipakai, perabot rumah tangga ataupun untuk hiasan ruangan. Selain perak, tembaga dan kuningan juga merupakan logam yang biasa dijadikan hasil karya seni terapan.

. Rumah Adat

Di setiap daerah di Nusantara memiliki rumah adatnya masing-masing. Misalnya rumah Gadang di Padang, Joglo di Yogyakarta, Candi Bentar di Bali, dll. Bentuk rumah adat tersebut masih digunakan hingga kini walaupun banyak bangunan yang telah memilikiarsitektur modern. Contohnya adalah rumah panggung yang masih banyak digunakan di Kalimantan dan Sumatera untuk menghindari banjir dan hewan buas. Rumah adat dikenal memiliki nilai seni yang tinggi dan sesuai dengan budaya setempat.

rumah adat

gerabah

9. Gerabah

Gerabah adalah kerajinan tangan yang umumnya terbuat dari tanah liat yang dibakar. Di sekolah seringkali diajarkan membuat asbak atau seni terapan lainnya dari tanah liat. Sampai saat ini gerabah masih sering digunakan misalnya untuk menaruh puntung rokok dan sebagai peralatan makan.
Image result for contoh seni rupa terapan

Image result for contoh seni rupa terapan

Image result for contoh seni rupa terapan

Image result for contoh seni rupa terapan

Image result for contoh seni rupa terapan


Comments

Popular posts from this blog

ARTIKEL BADMINTON/BULU TANGKIS DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

CONTOH SOAL AKUNTANSI (transaksi)

contoh soal akuntansi buku besar pembantu