silabus mtk kelas viii

SILABUS Mata Pelajaran : Matematika Satuan Pendidikan : SMP/MTs Kelas : VIII (Delapan) Kompetensi Inti Kompetensi Inti 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya Kompetensi Inti 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Kompetensi Inti 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata Kompetensi Inti 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu (JPL) Sumber Belajar 1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1. Sistem Koordinat Pertemuan 1 Mengamati Mengamati gambar denah peta perumahan yang telah disediakan. Menanya Membuat pertanyaan mengenai denah peta perumahan yang telah disediakan. Mengumpulkan Informasi Menggunakan bidang koordinat kartesius untuk menentukan posisi: a. Titik terhadap titik asal (0,0) b. Tiitk terhadap titik tertentu (a,b) Mengasosiasi Menganalisis jarak titik tertentu (a,b) pada bidang koordinat. Mengkomunikasikan Menyampaikan posisi suatu benda dalam sistem koordinat kartesius. Pertemuan 2 Mengamati Mengamati gambar denah peta rumah yang telah disediakan. Menanya Membuat pertanyaan mengenai denah peta rumah. Mengumpulkan Informasi Menggunakan bidang koordinat kartesius untuk menentukan posisi titik terhadap sumbu-x Mengasosiasi Menganalisis jarak titik tertentu (a,b) dari sumbu-x Mengkomunikasikan Menyampaikan posisi suatu benda dari sumbu-x pada koordinat kartesius. Pertemuan 3 Mengamati Mengamati gambar denah rumah yang ditampilkan di layar. Menanya Membuat pertanyaan mengenai gambar denah rumah yang ditampilkan. Mengumpulkan Informasi Berdiskusi menggunakan bidang koordinat kartesius untuk menentukan posisi titik terhadap sumbu-y Mengasosiasi Menganalisis jarak titik tertentu (a,b) dari sumbu-y pada bidang koordinat. Mengkomunikasikan Menyampaikan posisi suatu benda terkait dengan sistem koordinat. Pertemuan 4 Mengamati Mengamati denah peta perumahan yang telah disediakan. Menanya Membuat pertanyaan mengenai sistem koordinat. Mengumpulkan Informasi Menemukan titik koordinat Kartesius untuk menentukan posisi: a. Garis yang sejajar dengan sumbu-x b. Garis yang sejajar dengan sumbu-y Mengasosiasi Menganalisis suatu garis yang sejajar dengan sumbu-x dan posisi garis tersebut terhadap sumbu-y. Mengkomunikasikan Menyampaikan posisi suatu benda dengan sistem koordinat Pertemuan 5 Mengamati Mengamati denah peta perumahan yang telah disediakan. Menanya Membuat pertanyaan mengenai sistem koordinat. Mengumpulkan Informasi Pemberian tugas mengenai penggunaan koordinat Kartesius untuk menentukan posisi: c. Garis yang berpotongan dengan sumbu-x d. Garis yang berpotongan dengan sumbu-y Mengasosiasi Menganalisis suatu garis memotong tidak tegak lurus sumbu-x dan perpotongan garis tersebut dengan sumbu-y. Mengkomunikasikan Menyampaikan posisi suatu benda terkait dengan sistem koordinat Pertemuan 6 Mengamati Mengamati denah peta perumahan yang telah disediakan. Menanya Membuat pertanyaan mengenai sistem koordinat. Mengumpulkan Informasi Menggunakan denah peta perumahan untuk menentukan posisi: a. Garis yang tegak lurus dengan sumbu-x b. Garis yang tegak lurus dengan sumbu-y Mengasosiasi Menganalisis soal suatu garis yang tegak lurus dengan sumbu-x dan posisi garis tersebut terhadap sumbu-y. Mengkomunikasikan Menyampaikan posisi suatu benda terkait dengan garis yang tegak lurus dengan sumbu-x dan posisi garis tersebut terhadap sumbu-y sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Sikap : > Siswa dengan jujur, bertanggung jawab, dan kritis dalam mengoreksi pekerjaan temannya Kognitif / Pengetahuan:  Tugas: * Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan posisi suatu benda dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem koordinat. * Mengerjakan latihan soal-soal mengenai sistem koordinat. Portofolio: * Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. Keterampilan : > Tes: menggunakan koordinat kartesius untuk menentukan posisi titik dan garis terhadap acuan tertentu dilingkungan kelas menggunakan ubin kelas. 10 > Buku teks Matematika Kemdikbud > Lingkungan Kelas ( Ubin ruang kelas ) > Peta > Buku referensi dan Internet 2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.   3.10. Menerapkan lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif terhadap acuan tertentu     1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Operasi Aljabar Pertemuan 7 dan 8 Mengamati Mengamati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan rasional, yaitu tentang masalah-masaah perdagangan. Menanya Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan bilangan rasional. Mengumpulkan Informasi Berdiskusi mengenai: 1. Penerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk simbolik. 2. Penerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk verbal. Mengasosiasi Menganalisis variabel, koefisien, dan konstanta yang terdapat di operasi aljabar. Mengkomunikasikan Menyampaikan materi tentang bilangan rasional yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Pertemuan 9 Mengamati Mengamati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Menanya Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar Mengumpulkan Informasi Berdiskusi masalah yang berkaitan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar kemudian di simpulkan isi sifat-sifat penjumlahan dan pengurangan bentuk operasi aljabar. Mengasosiasi Menganalisis variabel, koefisien, dan konstanta operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian variabel, koefisien, dan konstanta dan menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar. Pertemuan 10 dan 11 Mengamati Mengamati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian bentuk aljabar, yaitu permasalahan tentang penataan parker mobil dan motor. Menanya Membuat pertanyaan yang berkaitan dengan perkalian bentuk aljabar Mengumpulkan Informasi Bertanya jawab mengenai: 1. Menerapkan operasi perkalian aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk simbolik. 2. Menerapkan operasi perkalian aljabar yang melibatkan bilangan rasional pada masalah yang berbentuk verbal. Mengasosiasi Menganalisis variabel, koefisien, dan konstanta dalam operasi perkalian aljabar. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian variabel, koefisien, dan konstanta dan menerapkan operasi perkalian aljabar dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan operasi perkalian aljabar. Sikap : > Siswa dengan jujur, kritis, dan bertanggungjawab dalam mengkoreksi hasil pekerjaan temannya. Kognitif / Pengetahuan: Tugas: > Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan operasi aljabar. > Mengerjakan latihan soal-soal mengenai variabel, kostanta, koefisien dan operasi aljabar. Portofolio: > Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. Tes: Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan operasi aljabar. 10 ?  Buku paket matematika kelas VIII semester 1 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2013. ? Buku Sekolah Elektronik, Matematika Konsep dan Aplikasinya 2: untuk kelas VIII SMP dan MTs / Oleh Dewi Nurahini dan Tri Wahyuni. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008. 2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.   3.1          Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional   1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 3.Fungsi pertemuan pertama a. Mengamati : siswa mengamati model model sandi pada tabel yang telah di sediakan guru melalui tampilan lcd b. Menanya : siswa diminta membuat minimal satu pertanyaan pada lembar kertas yang tersedia mengenai apa ittu pengertian dari fungsi c. Mengumpulkan informasi / mencoba : Secara berpasangan siswa informasi tentang pertanyaan pertanyaan yang telah di buat tadi serta membuat cici-cirri fungsi dan membentuk dua himpunan yang telah di sediakan oleh guru d. Menalar : secara berkelompok 4 orang ajak siswa untuk berdiskusi mengenai mana saja yang fungsi dan mana yang bukan dari dua himpunan yang telah di sediakan dalam buku kurikulum 2013 kelas 8 e. Mengkomunikasikan ; secara berurutan masing masing kelompok memaparkan hasil diskusinya lertemuan ke dua : a. Mengamati : Minta siswa untuk mengamati aturan yang menghubungkan antara unsur-unsur dari dua himpunan dan untuk memahami konsep fungsi melalui kasuskasus yang diberikan pada buku siswa. b. Menanya :siswa diminta membuat minimal satu pertanyaan pada lembar kertas yang tersedia mengenai berbagai bentuk macam macam fungsi c. Menggali informasi : Secara individu siswa menggali informasi mengenai berbagai macam macam bentuk fungsi d. Menalar : secara berpasangan siswa mengklasifikasikan mana fungsi dan mana yang bukan beserta memberikan alasan serta argumenya e. Mengkomunikasikan : dengan cara menggunakan diskusi penel siswa bargantian memaparkan hasil jawaban mdari kelompok masing mmasing Pertemuan ketiga a. Mengamati : Siswa mengamati permasalahan yang sudah di pilihkan oleh guru yaitu mengenai tarif pada taksi Siswa di duruh fokus mengamati pada argo taksi dan jarak yang di tempuh taksi tersebut b. Menanaya : Siswa di pandu untuk bertanya hubungan antara jarak dan argo yang ada pada taksi c. Menggali informasi : secara berkelompok yang terdiri daei 5 orang siswa saling berdiskusi mengenai hasil pengamatan jarak dan argi pada taksi d. Menalar : masing masing kelompok membuat berbagai benuk penyajian dari hasil diskusi pengamatan tadi Mengkomunikasikan : Secara bergantian masing masing kelompok memaparkan hasil pengamatannya dalam berbagai macam bentuk penyajian serta secara tradisional di lakukan tanggapan dan tanya jawab dari hasil yang di paparkan leh kelompk tersebut Pertemuan keempat a. Mengamati : Siswa mengamati sajian masalah mengenai biaya air dalam suatu keluarga b. Menanya : siswa di pandu untuk bertanya apa saja unsur unsur dari fungsi c. Menggali inforrmasi : Secara berkelompok siswa di suruh mnenyajikan hasil pengamatanya dalam bentuk diagram anak panah serta mendiskusikan apa sajaunsur-unsur yang ada dalam fungsi d. Menalar :siswa menentukan mana saja anggota dari domain , kodomain dan range dari suatu fungsi serta menunjukan hubungan dari ktiganya : e. Mengkomunikasikan : secara acak guru menunjuk perwakilan dari masing masing kelompk untuk memaparkan hasil diskusi mereka Pertemuan kelima a. Menanya : Siswa mengamati mengenai biaya air dalam keluarga masing masing b. Menanya : Siswa di pandu untuk menya mengenai hubungan antara air dengan biaya yang di keluarkan c. Menggali informasi :Secara berkelompok siswa di suruh menyajikan hasil pengamatanya dalam bentuk Pasangan berurutan panah serta mendiskusikan apa hubungan dari kedua himpunan tadi d. Menalar : siswa menentukan mana saja anggota dari domain , kodomain dan range dari suatu fungsi dan menuliskan bentuk fungsi tersebut Mengkomunikasikan : Masing masing kelompok menyajikan hsil diskusi mereka dalam pameran kecil matematika Pertemuan keenam a. Mengamati : siwa mengamati fungsi yang di sajikan oleh guru dalam bentuk pasangan berurutan melalaui layar lcd b. Menanya : siswa di pandu unuk bertanya mengenai tata cara aturan penyajian fungsi c. Menggalinformasi : secara individu siswa mengkonvensi fungsi dalam bentuk pasanagn berurutan ke dalam bentuk di agram cartesius kemudian setelah itu secara berkelompok siswa saling meniskusikan mana yang benar dalam menyajikan fungsi dalam bentuk di agram cartesius d. Menalar : Mendiskusikan hal hal yang perlyu di perhatikan dalam mengkonvensi bentuk penyajian suatu fungsi serta menentukan notasi fungsinya beserta aturanya dalam menentukan notasi fungsinya Mengkomunikasikan ; Secara acak siswa di pecah ke masing kelompok setelah itu setiap siswa saling berdikusi dalam kelompo kecil tersebut Pertemuan ketujuh a. Mengamati : siswa mengamati fungsi dalam berbagai bentuk penyajian fungsi yang di sediakan dalam lembar kerja oleh guru serta masalah biaya tarif pada taksi pada pertemuan yang lalu b. Menanaya : Siswa di pandu untuk bertanya mengenai notasi fungsi c. Menggali informasi : siswa secara berkelompok mendikkusikan cara sekaligus menuliskan semua fungsi yang tersedia tadi dalambentuk notasi fungsi d. Menalar : siswa menentukan nilai nilai dari suatu fungsi serta mendiskusikan bagamaina caranya menyelesaikam masalah yang telah di sajikan tadi Mengkomunikasikan : secara berkelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas Sikap : > Siswa dengan jujur, bertanggung jawab, dan kritis dalam mengoreksi pekerjaan temannya Kognitif ./pengetahuan Tugas: > Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan hubungan antara unsur-unsur dua himpunan dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan fungsi. > Mengerjakan latihan soal-soal mengenai relasi Portofolio: > Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. > Siswa mencari contoh penyajian fungsi dilingkungan sekitar, siswa dapat mengkorversikan hasil temuannya ke bentuk penyajian fungsi lain. > Tes: > Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan relasi dan fungsi. > Menyajikan fungsi dalam berbagai jenis penyajian fungsi.   14 ? Buku Teks Pelajaran Matematika kelas VIII. ? Buku referensi dan artikel. ? Internet 2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.   3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram   1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 4. Persamaan Garis Lurus Petemuan pertama : a. mengamati : siswa mengamati sjiangarif garis lurus pada di agaram cartesius yang di paparkan guru melalaui tayangan lcd Mengamati titik yang di lalui oleh garis lurus tersebut b. Menanya: siwa di pancing untuk bertanya mengenai garis lurus c. Menggali informasi : Secara berkolompok siswa menggeneraliskan bentuk fungsi dari garis tersebut atau persamaan garis lurus tersebut. Serta menggambarkan persamaan garis tersebut dalam diagram kartesius melalui titik yang di ketahui d. Menalar : Apakah diperlukan titik titik sebanyak itu untuk menentukan persamaan garis lurus ? secara berkelompok siswa di bimbing untuk menemukan cara yang lebih mudah untuk menentukan sebuah persamaan garis lurus Mengkomunikasikan : masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas Pertemuan ke dua : a. Mengamati : siswa secara berkelompok mengamati lingkungan sekitar y6ang berkautan dengan kemiringan seperti anak tangga dan lain lain serta mencatat hasil pengamatan sesuai lembar pengamatan yang di sediakan oleh guru b. Menanya : siswa di bimbing untuk bertanya mengenai alternatif penyelesaian dari maslah kemiringan dalam keidupan sehari-hari c. Menggali informasi : Siswa secara berkelompok mendiskusikan hubungan antara sisi tegak dan sisi alasnya serta kaitanya dengan kemiringanya. Selain itu siswa merumuskan rumus dari ke tiga sisi tersebut. d. Menalar : siswa secara berkelompok menyelesaikan permasalahan yang ada pada lembar kerja siswa Mengkomunikasikan : : masing masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas Pertemuan ke tiga a. Mengamati : siswa mengamati mobil yang sedang melaju di daerah pegunungan b. Menanya ; siswa di pandu untuk bertanya bagaimana cara mencari tingkat kemiringan dari lintasan mobil yng di lalaui c. Menggaliinformasi : secara berkelompok siswa berdiskusi menentukan titik awal mobil dan titik akhir mobil dalam bidang coordinat,serta mencari alternatif penyelesaian dari maslaah tersebut d. Menalar : siswa melatih menyelesaiakan lembar kerja siswa yang tellah di sediakan guru Pertemuan ke empat e. Mengamati : Mengamati sebuag persegi yang di gambarkan pada bidang kartesius f. Menanya : Siswa di pandu untuk bertanya bagaimana kemiringan garis yang sejajar dan tegak lurus Pertemuan ke empat dan lima Mengamati : siswa mengamati garis yang melewati titik 0,0 pada diagram cartesius Menanaya: siswa di pandu untuk bertanya mengenai persamaan garis dan gradienya Menggali informasi: siswa saling bertukar pendapat mengenai hasil pengamatan yaang mereaka lakukan. Sekaligus berlatih mengerjakan soal yang ada pada ljk Menalar: siswa menemukan menemukan cberdiskusi atas hasil kerjaan mereka masing masing Mengkomunikasikan :siswa saling bertukar jawaban antara kelompok satu dengan yang lainya Pertemuan ke enam Mengamati : siswa mengamati gambar persegi yang ada pada diagram caresius Menanya : siswa di pandu untuk bertanya mengenai kedudukan suatu garis satu dengan yanag garis yang lainya Menggali informasi : siswa secara mandiri mencari gradien masing masing sisi pada persegi serta menentukan kedudukan garis yang ada pada persegi tersebut Menalar: siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai bagaimana kedudukan garis kalau di lihat dari gradienya Mengkomunikasikan : masing masing kelompok mempresentasikan hasil temuanya Pertemuan ke tujuh : Menagmati :siswa mengamati masalah penjualan serta mengambil data data yang sudah di tentukan pada lembar pengamatan Menanya : siswa di pandu bertanya mengenai aplikasi dari materi persamaan garis lurus Menngali informasi: siswa secara individu menyelesaikan soal soal persamaan garis lurus Menalar : siswa secara berkelompok mencari masalah kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan persamaan garis lurus kemudian menukarkannya dengan kelompok yang lain secara berkelompok siswa menyelesaikan maslah kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan persamaan garis luerus serta memberikan alternatif penyelesaian dari masalah tersebut Mengkomunkasikan : masing masing kelompok mempertanggungkan jawaban kepada kelompok lain  Sikap : > Siswa dengan jujur, bertanggung jawab, dan kritis dalam mengoreksi pekerjaan temanay Tugas: > Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan persamaan garis lurus dari suatu masalah nyata. > Mengerjakan latihan soal-soal mengenai kemiringan garis, Persamaan Garis Lurus, dua garis yang saling sejajar dan dua garis berpotongan saling tegak lurus. Portofolio: > Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. Tes: Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan penggunaan Persamaan Garis Lurus     14 ? Buku Teks Pelajaran Matematika kelas VIII. ? Buku referensi dan artikel. ? Internet 2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.   3.4 Menentukan persamaan garis lurus dan grafiknya   1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 5. Teorema Pythagoras Pertemuan 30 Mengamati Mengamati gambar segitiga siku-siku dan persegi. Menanya Membuat pertanyaan mengenai segitiga siku-siku. Mengumpulkan Informasi Menggunakan alat peraga dan pola bilangan untuk menentukan Teorema Pythagoras. Mengasosiasi 1. Menganalisis hubungan antar luas persegi dan luas segitiga siku-siku. Mengkomunikasikan Menyampaikan hubungan natara luas persegi dan luas segitiga siku-siku. Pertemuan 31 Mengamati Mengamati gambar segitiga siku-siku. Menanya Membuat pertanyaan mengenai segitiga siku-siku. Mengumpulkan Informasi Menggunakan alat peraga dan pola bilangan untuk menentukan Teorema Pythagoras. Mengasosiasi 2. Menganalisis panjang sisi segitiga siku-siku apabila diketahui panjang dua sisi segitiga siku-siku. 3. Menganalisis suatu segitiga adalah segitiga siku-siku jika hanya diketahui panjang ketiga sisinya. Mengkomunikasikan Menyampaikan teorema pythagoras dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan teorema pythagoras. Pertemuan 32 Mengamati Mengamati gambar segitiga siku-siku. Menanya Membuat pertanyaan mengenai segitiga siku-siku. Mengumpulkan Informasi 1. Menggunakan alat peraga dan pola bilangan untuk menentukan Teorema Pythagoras. 2. Menemukan hubungan antar sisi pada segitiga siku-siku khusus. Mengasosiasi 4. Menganalisis kelipatan suatu tripel pythagoras adalah tripel pythagoras juga. 5. Menganalisis hubungan pada sisi-sisi segitiga siku-siku yang salah satu sudutnya 600. 6. Menganalisis hubungan pada sisi segitiga siku-siku sama kaki. Mengkomunikasikan Menyampaikan teorema pythagoras dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan teorema pythagoras. Pertemuan 33 Mengamati Mengamati gambar segitiga siku-siku. Menanya Membuat pertanyaan mengenai segitiga siku-siku. Mengumpulkan Informasi Menemukan panjang garis tertentu (garis tinggi, hipotenusa) pada segitiga khusus dengan teorema Pythagoras. Mengasosiasi 7. Menganalisis panjang sisi segitiga siku-siku apabila diketahui panjang dua sisi segitiga siku-siku. 8. Menganalisis suatu segitiga adalah segitiga siku-siku jika hanya diketahui panjang ketiga sisinya. Mengkomunikasikan Menyampaikan teorema pythagoras dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan teorema pythagoras. Pertemuan 34 dan Pertemuan 35 Mengamati Mengamati gambar segitiga siku-siku. Menanya Membuat pertanyaan mengenai segitiga siku-siku. Mengumpulkan Informasi Meneyelesaikan permasalahan nyata dengan Teorema Pythagoras. Mengasosiasi Menganalisis permasalahan nyata yang dapat diselesaikan dengan teorema pythagoras. Mengkomunikasikan Menyampaikan teorema pythagoras dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan teorema pythagoras.  Sikap: > Bekerjasama dalam kelompok > Jujur dalam mengerjakan tugas Percaya diri saat mengerjakan tugas Tugas: * Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan teorema pythagoras dari suatu masalah nyata Portofolio: * Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. Tes: Mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengn teorema Pythagoras Penugasan: * Tugas terstruktur - Merangkum materi mengenai teorema Pythagoras dan hubungan antar sisi segitiga khusus. - Menemukan panjang salah satu sisi segitiga melalui teorema         14 * Buku paket matematika kelas VIII semester 1 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2013. ? Buku Sekolah Elektronik, Matematika Konsep dan Aplikasinya 2: untuk kelas VIII SMP dan MTs / Oleh Dewi Nurahini dan Tri Wahyuni. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008. ? Buku Paket, Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya 2: untuk kelas VIII SMP dan MTs / Oleh Ponco Sujatmiko. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2005 2.2  Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.   3.8 Memahami Teorema Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan   4.3 Menggunakan pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata   4.5 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah   1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 6. Statistika Pertemuan 36 Mengamati Mengamati data yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menanya Membuat pertanyaan mengenai data. Mengumpulkan Informasi Menyajikan data dengan menggunakan komputer. Mengasosiasi Menganalisis data yang telah disajikan. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian data dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan statistik. Pertemuan 37 dan Pertemuan 38 Mengamati Mengamati data yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menanya Membuat pertanyaan mengenai data dan diagram. Mengumpulkan Informasi Menyajikan data dengan menggunakan komputer. Mengasosiasi Menganalisis data yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian data dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan statistik. Pertemuan 39 Mengamati Mengamati tabel yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menanya Membuat pertanyaan mengenai data dan diagram. Mengumpulkan Informasi Menyajikan tabel dengan menggunakan komputer. Mengasosiasi Menganalisis tabel yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian data serta diagram dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan statistik. Pertemuan 40 Mengamati Mengamati data dan diagram yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menanya Membuat pertanyaan mengenai data dan diagram. Mengumpulkan Informasi 1. Menyajikan data dalam diagram batang dengan menggunakan komputer. 2. Menyajikan data dalam diagram garis dengan menggunakan komputer. 3. Menyajikan data dalam diagram lingkaran dengan menggunakan komputer. 4. Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik. Mengasosiasi Menganalisis data yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian data serta diagram dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan statistik. Pertemuan 41 Mengamati Mengamati data dan diagram yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menanya Membuat pertanyaan mengenai data dan diagram. Mengumpulkan Informasi Mengumpulkan contoh diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Mengasosiasi 1. Menganalisis data yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. 2. Menganalisis perbedaan dan persamaan antara diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian data serta diagram dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan statistik. Pertemuan 42 Mengamati Mengamati data dan diagram yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Menanya Membuat pertanyaan mengenai data dan diagram. Mengumpulkan Informasi 5. Menyajikan data dalam diagram batang dengan menggunakan komputer. 6. Menyajikan data dalam diagram garis dengan menggunakan komputer. 7. Menyajikan data dalam diagram lingkaran dengan menggunakan komputer. 8. Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik. Mengasosiasi 3. Menganalisis data yang cocok disajikan dalam bentuk diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. 4. Menganalisis perbedaan dan persamaan antara diagram batang, diagram garis dan diagram lingkaran. Mengkomunikasikan Menyampaikan pengertian data serta diagram dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan statistik. Sikap : > Analitik , teliti dan tidak mudah menyerah ketika mengerjakan tugas dari guru. > Menggunakan statistik dalam kehidupan sehari-hari. > Menghargai pendapat dan karya orang lain ketika  Tugas: * Mencari dan membaca materi yang berkaitan dengan statistik dari suatu masalah nyata. * Mengerjakan latihan soal-soal mengenai data, tabel, dan diagram. Portofolio: * Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri. Tes: Tes tertulis bentuk uraian mengenai penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan data, tabel, dan diagram.       11 ?  Buku Teks Pelajaran Matematika kelas VIII. ? Buku referensi dan artikel. Internet 2.1  Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.   3.14. Memahami teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel   4.7 Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variable  

Comments

Popular posts from this blog

ARTIKEL BADMINTON/BULU TANGKIS DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

CONTOH SOAL AKUNTANSI (transaksi)

contoh soal akuntansi buku besar pembantu