Mau jadi apa lulusan SMA/SMK?

Mau jadi apa lulusan SMA/SMK?
Tema: bisnis

Bagi kamu-kamu yang lulus SMA/ SMK, yang tidak mau ataupun tidak mampu melanjutkan ke perguruan tinggi. Adakah pikiran "mau jadi apa?" pasti ada.

Sekarang ini guru TK saja minimal S1. Lalu lulusan SMA/SMK jadi apa? Apa hanya jadi buruh di pabrik, atau jadi ibu rumah tangga. Tentu saja tidak.

Ada banyak pekerjaan yang tidak memandang pendidikan. Misal saja penulis, apakah seorang penulis harus S1. Tidak bukan? Bahkan seorang yang lulusan SD bisa menjadi penulis. Asal apa yang ia tulis layak untuk dibaca. Ada banyak pekerjaan lain seperti blogger. Jangan memandang sebelah seorang blogger. Mereka mungkin hanya diam di depan komputer.

Melakukan hal-hal yang menurut anda tidak berguna. Tapi jangan salah, mereka bisa mendapatkan uang dari hasil postingannya yang banyak dilihat oleh orang banyak.

Jika anda suka memasak, bukalah warung makan jika tak punya modal, anda bisa mengawalinya dengan berkeliling terlebih dahulu, jika berhasil dilanjutkan buka warung kecil-kecilan lalu membangun restoran dengan nama anda.

Bukankah membuka lapangan pekerjaan sendiri lebih baik, daripada bekerja pada orang lain. Jika bekerja dengan orang lain pasti ada saja yang salah, dimarahi ini itu yang belum tentu itu salah. Mau jawab nanti dipecat, diam saja sakit hati. Bekerja pada orang lain itu yang ada hanya serba salah. Ada banyak pekerjaan lain, anda tidak harus menjadi pegawai, tapi jadilah seorang bos, meski hanya membuka usaha kecil-kecilan. Jika anda yakin dan selalu berusaha maka semakin lama semakin besar. Dan laba yang anda dapat semakin banyak. Kemudian anda bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, jika anda mau. Jika tak ingin lagi tak apa. Toh anda mungkin sudah sukses meski hanya lulusan SMK/SMA.

Untuk apa sekolah tinggi-tinggi sampai S2, jika apa yang telah didapat tidak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika tak dapat menempatkan diri dalam kehidupan yang tarif semakin mahal. Lulusan SMK/SMA itu bisa. Bisa bekerja, bisa berkarya, bisa menjadi orang sukses. Ingatlah selama ada kemauan di situ ada jalan.

Selama ada keinginan di situ ada tujuan. Man Jadda Wajadda

Comments

Popular posts from this blog

ARTIKEL BADMINTON/BULU TANGKIS DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

CONTOH SOAL AKUNTANSI (transaksi)

contoh soal akuntansi buku besar pembantu