Pantat (bokong) terasa sakit atau nyeri?

Pantat (bokong) terasa sakit atau nyeri?
Tema : kesehatan

Apakah saat ini anda merasa pantat anda sakit atau nyeri? Berjalan, duduk, membungkuk, bergerak semakin jelas terasa? Berhari-hari bahkan berbulan- bulan tak kunjung sembuh. Justru menyebar ke paha. Mungkin saja itu adalah penyakit Ischialgia.

Ischialgia yaitu suatu kondisi dimana Saraf Ischiadikus yang mempersarafi daerah bokong sampai kaki terjepit, dalam kasus itu yang terjepit adalah Saraf Ischiadikus sebelah kanan ataupun sebelah kiri. Jadi yang terasa sakit itu pantat sebelah kanan, sebelah kiri atau keduanya.

Gejala dari penyakit ini salah satunya adalah sakit atau nyeri pada daerah pantat atau bokong, bahkan bisa menjalar ke daerah paha, betis dan seluruh kaki. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan kelemahan pada anggota badan bagian bawah.

Gejala lain seperti nyeri bagian atas pantat, pantat sakit saat membungkuk atau berjalan. Dan lebih terasa saat beraktivitas secara berlebihan. Jika anda mengalami gejala ini segera periksakan kepada dokter. Agar segera ditangani. Jangan tunggu parah terlebih dahulu. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sedikit tips jika bokong anda sakit:
1.kurangi beraktivitas yang berat.
Jika beraktivitas jangan terlalu memaksakan diri. Aktivitas yang berlebihan dapat menyebabkan badan bekerja lebih keras dari kemampuannya. Itu menyiksa tubuh sendiri.

2. Jangan terlalu sering membungkuk.
Jika pekerjaan anda sehari-hari menuntut anda untuk membungkuk, misal saja menyapu dan mengepel, anda bisa menegakkan punggung anda sejenak.

3.Jangan terlalu lama berjalan.
Tidak ada hari tanpa berjalan. Pasti ada walau hanya beberapa langkah. Jika anda harus lama berjalan, istirahatlah sejenak. Baringkan tubuh anda. Tapi ingat jangan sampai ketiduran.

4,Jika lelah segera istirahat jangan dipaksakan.
Apapun yang anda lakukan, jika lelah jangan dipaksakan. Meski itu deadline besok atau apa, istirahatlah. Sayangi tubuh anda.

5. Lakukan olahraga rutin.
Untuk kesehatan tubuh anda lakukan olahraga rutin. Agar tubuh anda sehat dan jauh dari kata sakit.

6. Jika mengambil barang yang harus membungkuk, tekuk kedua lutut sehingga tak perlu membungkuk.

7.Jika harus berjalan jauh, istirahat sejenak saat bokong sudah mulai terasa nyeri atau sakit.

Nah, itulah beberapa tips jika bokong anda sakit. Jika anda merasakan gejalanya segera periksa ke dokter. Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati.

Comments

  1. Sudah,tapi masih belum sembuh sampe skrg dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya bukan dokter, mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokter, atau bisa melalui aplikasi yang memang langsung berkomunikasi dengan dokter terkait

      Delete
  2. Terapi juga sdh,tapi msh belum wmada perubahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf saya bukan dokter, mungkin bisa dikonsultasikan dengan dokter, atau bisa melalui aplikasi yang memang langsung berkomunikasi dengan dokter terkait

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

ARTIKEL BADMINTON/BULU TANGKIS DALAM BAHASA INGGRIS DAN ARTINYA

CONTOH SOAL AKUNTANSI (transaksi)

contoh soal akuntansi buku besar pembantu